Menemukan Pemakai Facebook yang Narsis : sebuah studi kepribadian

Banyak informasi yang bisa kita dapatkan dari detail profil teman-teman di Facebook kita selain dari sekolah , kampus maupun status update mereka. Salah satu diantara informasi tersebut adalah menemukan kepribadian dari para pengguna social network Facebook ini : bersifat narsis. Tentunya aku tidak asal tulis atau cuma asumsiku pribadi saja tetapi ternyata hal ini telah menjadi suatu studi kasus yang dilakukan oleh Universitas Georgia terhadap 130 pengguna Facebook baru-baru ini.

Studi tersebut yang melibatkan beberapa pengamat yang memfokuskan pada level serta tingkatan kenarsisan dan keegoisan dari profil pemakai Facebook diatas. Ternyata hasil dari penelitian ini memperoleh temuan korelasi antara jumlah teman yang dimiliki dengan wall post ( pesan-pesan yang dibuat baik oleh pemakai maupun teman pemakai facebook ). Laura Buffardi Ph.D , sebagai kepala dalam penelitian ini dan juga seorang murid jurusan Psikologi , mengungkapkan bahwa para pengguna yang mempunyai sifat narsis tingkat tinggi, bersikap sama di dunia nyata seperti dia memperlakukan halaman Facebooknya. Selain itu studi tersebut menemukan fakta para pengguna Facebook yang narsis ini cenderung memasang foto-foto diri yang glamor dan wah sebagai main profile photo-nya. Jumlah foto-foto diri tersebut berbeda dengan interaksi sosial yang dilakukan oleh sang pengguna yang narsis itu terhadap teman-temannya.

Buffardi melanjutkan , para narsistik / pengguna narsis Facebook mempromosikan profilnya begitu jelasnya sehingga orang lain harus dapat mengenali mereka. Seorang peneliti , W. Keith Campbell , menjelaskan bahwa sifat narsis ini akan mengganggu kemampuan seseorang untuk dapat berinteraksi secara sehat dan diapun tak mampu menjaga hubungan jangka panjang. Tambahnya lagi , para narsistik ini tampak menarik pada awalnya tapi setelah itu , ia akan menggambil keuntungan lewat temannya dan berakhir dengan kemungkinan menyakiti temannya itu.

Bagaimanakah caranya menemukan pengguna Facebook yang narsis diantara pengguna yang biasa ? menurutku tidaklah sulit , coba perhatikan saja :
  1. Jumlah foto-foto yang diambil begitu banyak dan 70% dari foto tersebut adalah foto diri
  2. Foto-foto tersebut seringkali diabadikan dalam ruangan tertutup seperti kamar sendiri , toilet , ruangan kosong / tak ditempati
  3. sang pengguna lebih sering mengikuti kuis-kuis tentang diri sendiri ketimbang mengomentari wall post teman-temannya
  4. memposting foto-foto dan mengklik icon " like " sendiri ( bukan orang lain yang mengklik atas fotonya )
  5. memposting foto-foto yang walaupun tak bermutu ( blur, gambar buram , gelap , tak ada fokus gambar ) tetap di upload dalam satu folder
Terus terang penelitian diatas bukanlah generalisasi dari semua pengguna Facebook tetapi hanya sampel yang membuktikan bahwa adanya kecenderungan banyaknya pengguna Facebook yang bersifat narsis.

sumber : disadur dari msnbc.msn.com
thanks to : livescience.com

Post a Comment

0 Comments