5 Tips Paling Penting buat SEO ( Search Engine Optimization ) website atau blog

Kembali lagi bersama JoelouisRocks setelah beberapa lama meninggalkan blog (tapi engga melupakannya ya ... :) ). To the point aja ya, sekarang aku ingin berbagi tips untuk teman-teman web designer atau blog designer yang sering kali menemukan masalah tentang satu pertanyaan : kenapa blog atau website nya tidak terindex di halaman depan Google, Yahoo, atau Bing search engine ?

Untuk menjawab pertanyaan ini, aku akan mencoba menjelaskan tentang SEO atau Search Engine Optimization yang artinya mengoptimalkan mesin pencari. Bagi beberapa orang, SEO tidak dirasakan penting karena mereka sudah terlalu pede dengan tampilan serta informasi yang disediakan bagi prospective customernya. Tapi beberapa hal mereka lupakan sehingga website atau blog yang mereka buat tidak terindex di halaman depan Google, Yahoo, Bing search engine. Nah beberapa hal penting inilah yang akan aku bahas satu-persatu dibawah ini. Untuk mengoptimalkan SEO itu sendiri, kamu harus melakukan beberapa hal seperti :




1. selalu mengup-to-date- kan konten dari website atau blog kalian. Usahakan untuk memberikan info-info terbaru yang mungkin sangat diperlukan oleh pembaca /blog walker atau juga bagi pelanggan yang datang dengan tujuan agar mereka tertarik untuk datang lagi. Berikan waktu paling minim sekali seminggu untuk mengudate konten dari website atau blog kalian agar orang-orang tertarik untuk datang kembali. Apabila website atau blog kalian di bookmark di kompi atau di laptop mereka, kemungkinan besar mereka kembali lagi yang berefek pada traffic yang masuk ke blog / website kalian. Semakin besar traffic / viewer yang ada di website atau blog kalian, semakin besar pula kemungkinan untuk terindex di halaman terdepan search engine.

2. Gunakan teks yang kaya akan kata kunci (keyword rich text) dalam blog atau website kalian. Untuk website, buatlah deskripsi di halaman depan website kalian sekitar 150 sampai 250 kata dalam bentuk paragraf yang mengandung kata-kata kunci informatif, up to date dan banyak dicari orang. Tentunya kata-kata kunci ini berhubungan dengan produk-produk / jasa yang kalian tawarkan.

3. Dalam memasang kata-kata kunci, usahakan untuk mendemografikannya secara spesifik. Sebagai contoh, apabila kalian menggunakan kata " interior design consultant " , gantilah dengan kata-kata " interior design consultant di bekasi (tempat usaha kalian berdomisili)". Atau sebagai contoh lain, kalian ingin menggunakan kata kunci "kursus bahasa Inggris ", coba spesifikkan kata-kata tersebut sesuai umur, program unggulan atau hal lainnya seperti " kursus bahasa Inggris untuk anak 5 - 8 tahun " atau " kursus bahasa inggris super cepat ". Dengan melakukan hal ini, orang-orang akan dialihkan ke website / blog kalian lewat mesin pencari.

4. Gunakan title tag ( tag judul ) dan description tag ( tag deskripsi ) yang unik ( secara demografis dan spesifik) di dalam penulisan meta tag. Meta tag sebagai bagian dari bahasa HTML biasanya di pasang di bagian header ( kepala / atas ) dari website maupun blog dan harus dilihat menggunakan page source. Untuk mencari tahu lebih lanjut tentang meta tag, kalian bisa cari di Google tentang hal ini dan cara memasangnya di website atau blog kalian.

5. Jika kalian baru membuat website atau blog serta ingin terindex cepat di Google search engine, gunakan jasa iklan baris gratis teratas yang ada di Google. Iklan baris gratis inilah yang akan menarik website atau blog kalian ke permukaan / halaman terdepan mesin pencari. Caranya adalah dengan mendaftar ( banyak juga kok yang tidak harus mendaftar ) di paling sedikit 10 iklan baris gratis dan memasang link website / blog kalian disana.

Masih ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan tapi untuk saat ini aku ingin memfokuskan pada 5 hal terpenting ini. Mudah-mudahan tips ini bisa membantu kalian.

Post a Comment

0 Comments