Cara Membuat visa ke Amerika Serikat

Kembali lagi bersama dengan JoeLouisRock setelah aku disibukkan oleh pekerjaan sehari-hariku mengurus lembaga pendidikan, aku memperoleh pengalaman yang cukup menarik : membuat visa untuk perjalanan ke Amerika Serikat atau United States of America. Walaupun bukan aku yang pergi (mudah-mudahan lain kali waktu bisa ikutan juga alias ngarep dulu aja .... wkwkwkwk) tapi aku tetap semangat bantu pamanku yang mau ke sana.

Nah buat teman-teman pembaca yang ingin berkunjung ke negara adidaya tersebut , tentuny
a kalian harus mempersiapkan beberapa hal sebelum registrasi visa secara online. Yang harus disediakan adalah :

1. sejumlah uang untuk pembayaran ( tentunya lah ya... hahahahha )
1. Paspor
2. visa kamu yang sebelumnya ( kalau kamu sudah pernah mendapatkan visa ke amerika di waktu yang lalu )
3. alamat email ( kalau belum punya , bikin dulu ya.. gampang kok )
4. kemampuan bahasa Inggris ( of course ini kudu mesti harus bisa karena kamu akan mengakses pertanyaan-pertanyaan dalam bahasa Inggris yang rada rumit )
5. pengetahuan tentang komputer dan aktivitas online. Jadi buat yang gaptek alias gagap teknologi, mendingan mikir dua kali dech buat mendaftar secara online.... hihihihihi...

Nah sekarang kita masuk ke bagian utama, yaitu pengisian formulir online untuk visa ke Amerika Serikat. Kamu bisa klik disini buat langsung mengisi formulir aplikasi eletronik setelah kamu mengklik link diatas, kamu akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini























Setelah kamu klik " Start Application ", maka kamu akan diminta untuk mengupload foto berukuran 5 X 5 dengan latar belakang putih. Ukuran ini haruslah sesuai dengan yang diminta karena foto tersebut akan dipakai untuk membuat lembaran konfirmasi. Lembaran konfirmasi tersebut sangat penting karena tanpa lembaran tersebut, jangan harap kamu bisa masuk ke kedutaan Amerika serikat.

Langkah selanjutnya adalah kamu mulai mengisi informasi-informasi dalam bahasa Inggris tentang diri kamu dengan jujur. Hal penting yang harus sering kamu lakukan adalah merekam / SAVE setiap kamu menyelesaikan satu halaman pertanyaan. Tombol SAVE biasanya ada di bagian bawah halaman. Kamu juga harus menulis nomor aplikasi kamu ( di bagian atas halaman ) agar tidak lupa apabila kamu ingin memanggil kembali lembaran yang belum kamu selesaikan. Oh iya, kamu juga harus menyiapkan printer yang nantinya akan dipakai untuk mencetak lembaran konfirmasi di akhir pengisian data diri. Beberapa pertanyaan yang sempat kuingat dalam pengisian registrasi online ( DS-160) aplikasi visa tersebut adalah sebagai berikut ( pertanyaan-pertanyaan dibawah ini tidak beraturan ya dan ini bukan terjemahan dari website yang sedang kamu kunjungi tersebut ) :

1. Nama lengkap termasuk marga / nama keluarga / surname
2. alamat,nomor telefon rumah dan handphone serta email address
3. nomor visa kamu ( jika kamu pernah berkunjung ke Amerika serikat dengan visa tersebut ) serta nomor paspor
4. Pekerjaan kamu serta alamat dan telepon tempat kerja kamu
5. Bidang pekerjaan Anda serta deskripsi kerja kamu
6. Jika kamu berkunjung dengan saudara / istri, kamu harus memasukkan juga data-data personal dari orang tersebut seperti Nama, tempat tanggal lahir, dan lain-lain
7. orang yang menjadi kontak di Amerika Serikat ( contact person in United States ) berikut dengan Nama, alamat, kode pos serta status hubungan orang tersebut dengan kamu ( saudara kandung , orang tua, atau lainnya )
8. Lamanya kunjungan kamu di Amerika serikat
9. Tujuan kamu ke Amerika Serikat
10. apakah kamu bergabung dengan gerakan terorisme, kelompok terlarang ataupun usaha prostitusi
11. apakah Anda termasuk dalam golongan kriminal pencucian uang atau tidak
12. pertanyaan-pertanyaan lainnya

Nah setelah kamu selesai mengisi lembaran aplikasi elektronik DS-160 ini, maka kamu harus mencetak lembaran konfirmasi yang berisi bar code yang nantinya akan dipakai untuk membuat janji pertemuan (interview) dengan staf kedutaan.

Setelah kamu mencetak lembaran konfirmasi, maka kamu harus membuat appointment / janji bertemu dengan staf kedubes sesuai dengan tanggal yang ada. Untuk melihat lembaran janji / appointment, kamu bisa klik disini

Mudah-mudahan tulisanku ini bisa membantu teman-teman pembaca yang sedang kebingungan untuk membuat visa ke Amerika Serikat. Satu hal penting lagi yang perlu diingat bahwa durasi pengisian setiap halaman aplikasi adalah 20 menit. Jika kamu menggunakan waktu lebih dari itu, maka aplikasi kamu akan di void / tidak terpakai lagi dan kamu harus memulainya dari awal lagi. Jadi saranku adalah lebih baik kamu mempersiapkan terlebih dahulu semua dokumen yang diperlukan seperti foto yang sudah di scan, paspor, visa terdahulu dan kartu tanda pengenal / KTP.

Post a Comment

0 Comments